Cerdas Finansial, Ibu Profesional, Kelas Bunda Sayang

Cerdas Finansial: Rizki

Bismillaahirrohmaanirrohiim,

Alhamdulillaah akhirnya sampai juga saya menulis tantangan hari ke-10. Sejak awal saya berencana untuk menjadikan posting hari terakhir ini sebagai kesimpulan dari keseluruhan tema yang sedang kami pelajari. Alhamdulillaah menemukan momennya saat akhir pekan lalu.

Awal puasa di Inggris sudah ditetapkan pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019. Alhamdulillaah hari tersebut bersamaan dengan hari libur nasional di sini. Begitu mengetahui hari pertama puasa jatuh pada hari Senin dan libur, kami dan beberapa keluarga merencanakan untuk berkumpul dan makan malam bersama dilanjutkan dengan tarawih pertama bersama-sama di salah satu mesjid terbesar di London. Meski puasa kali ini sudah masuk ke dalam musim semi, namun lama puasa masih di kisaran 17 sampai 18 jam lebih. Pada hari itu, ashar jatuh pada pukul 17.05 sore dan maghrib pukul 20.38 malam, sehingga waktu makan malam kami berada di antara sholat ashar dan maghrib. Untuk itu kami memutuskan untuk bertemu pada waktu ashar dan sholat di mesjid terlebih dahulu, kemudian kami berkumpul makan malam di salah satu restoran di dekat masjid dan selanjutnya kembali ke masjid untuk sholat maghrib hingga tarawih.

20190508_092845747_iOS.jpeg

Raisa dan Naura sangat senang sekali berkumpul dengan teman-teman keluarga Indonesia karena mereka bisa bertemu dengan teman-temannya yang sebaya. Saat kami tiba di restoran, sebagian keluarga sudah lebih dulu tiba. Saking banyaknya jumlah kami, posisi duduk sudah diatur sedemikian rupa sehingga para bapak berkumpul di satu tempat, demikian juga para ibu dan anak-anak ABG sudah berkumpul di meja masing-masing. Hanya anak-anak kecil termasuk Raisa dan Naura yang menyesuaikan dengan meja para ibunya. Namun hal ini tidak mengganggu kesenangan mereka. Segera setelah mereka selesai makan, mereka berkumpul di satu meja dan sibuk bermain bersama. Tidak lama pun makanan tiba dan semua sibuk khusyuk dengan makanannya, kecuali para ibu yang sibuk mengatur pergerakan makanan hahaha… Raisa dan terutama Naura terlihat sangat menikmati makan malam kali ini. Alhamdulillaah makanan yang pesan sesuai perkiraan sehingga tidak ada makanan yang bersisa.

Singkat cerita dalam perjalanan pulang saya sempatkan ngobrol dengan Naura,

“Naura seneng gak malam ini?”

“Seneng banget Bun, alhamdulillaah makanannya enaaak …”

“Selain makanannya, apa yang bikin seneng? Ketemu sama Sarah dan Falisha bikin seneng gak?”

“Iya dong Bun …”

“Nah, ini semua yang kita sebut rizki dari Allah swt. Rizki bahwa Allah swt pertemukan kita dengan keluarga-keluarga yang baik. Rizki bahwa puasa hari pertama jatuh di hari Senin yang juga hari libur sehingga kita bisa menikmati sholat tarawih di Mesjid bersama-sama. Rizki makanan yang enak dan suasana yang kita nikmatin malam ini. Jadi kalo kita ngomong rizki itu bukan hanya ngomongin uang aja ya Nak …”

“Okay, okay Bun, you’ve told me about this before …”

“Oh udah pernah ya, xixixi …. Gakpapa kan diulang-ulang biar terus inget …”

“Iya iyaaaa…”

Hahaha .. itulah tugas seorang ibu, mengulang-ngulang nilai-nilai hidup untuk anaknya dengan harapan dari sekian banyak pengulangan ada paling tidak ada yang menempel di hatinya, In Syaa’ Allah. Tabaarokallaah …

Slough-United Kingdom, 8 Mei 2019

#Level8BundaSayang
#Tantangan10Hari
#KecerdasanFinansial
#Day10

 

2 thoughts on “Cerdas Finansial: Rizki”

  1. Memang begitulah Aya …Alhamdulillah anak2mu cepat menangkap sehingga km sebagai orangtua cukup mengecek apakah mereka memahami apa2 yg pernah km sampaikan.
    Seperti kata Tuo km …yg perlu itu “kontrol”….! Chek apa anak2 paham apa yg diajarkan …terutama Agama Islam ..
    Chek apakah benar wudhu mereka ,cara shalat mereka,
    Adab mereka…dsb nya..Tentu tidak sekaligus tapi randomly….
    Alhamdulillah km melanjutkan amanat Tuo km Aaay….Semoga Allah menuntun km sekeluarga dijalan yg lurus….sehingga tercipta Rumah Tangga yg sakinah…..Aamiin…cium.manis um….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s