Daily

Anak Bertanya (bagaimana) Ibu Menjawab

Bismillaahirrohmaanirrohiim,

Seiring perkembangan otaknya, anak mulai bertanya hal-hal yang dilihatnya, termasuk hal-hal terkait fitrah seksualitas. Tak jarang seorang Ibu terdiam saat mendapat pertanyaan dari anaknya, bukan karena tidak mengetahui jawabannya namun karena Ibu tidak tahu bagaimana harus menjelaskan kepada anaknya dalam bahasa anak.

Beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua, baik ibu ataupun ayah saat anak bertanya hal terkait fitrah seksualitas:

  1. Jangan Panik! Tenang dan tanggapi dengan positif, jangan emosional.
  2. Jangan Menghindar! Luangkan waktu untuk berkomunikasi. Bila anda belum siap, katakan nanti kita diskusikan setelah Bunda selesai mengerjakan pekerjaan ini. 
  3. Jangan Berbohong! Berikan penjelasan dengan cukup dan benar
  4. Lengkapi diri dengan materi. Diskusi dengan suami bagaimana menjawab bila anak bertanya.
  5. Pastikan maksud pertanyaan anak dan gali sejauj mana pemahamannya. Beri jawaban sesuai pemahaman anak, jangan dilebihkan atau dikurangkan.

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan anak dan contoh menjawabnya:

1. Adek bayi kok ada di perut Bunda?

Setiap ibu punya telur, namanya ovum. Seperti ayam dan bebek. Hanya ibu telurnya berkembang di dalam tidak di luar. Telur itu ada yang berkembang menjadi adik bayi dan sebagian tidak berkembang. Ayah juga punya semacam ini, namanya sperma.

Telur ini akan berbuah menjadi adik bayi jika telur ini bertemu sperma ayah di dalam perut ibu. Lalu Allah swt meniupkan ruh, jadilah adik bayi. Sebelum lahir adik bayi ini tinggal di dalam perut ibu selama beberapa bulan untuk berkembang, dari kecil-kecil… seperti kelereng.. hingga sebesar bola. Itu sebabnya perut ibu jadi besar.. nah saat tidak muat lagi..Allah mengeluarkan adik bayi dari perut ibu.

Bagaimana jika anak bertanya, bagaimana telur ayah dan ibu bertemu? Melalui pernikahan, itu jawabnya. Hanya orang dewasa yang boleh menikah. Karena orang dewasa sudah punya telur yang bisa jadi adik bayi, sedangkan anak-anak belum bisa melakukannya.

2. Adek bayi keluarnya lewat mana?

Perut ibu seperti tabung atau botol. Jika ada kelereng di dalam botol dan kita ingin mengeluarkannya maka kita harus mengeluarkannya melalui lubang. Nah dulu dedek bayi ada di dalam perut. Jika sudah cukup umur, adik bayi akan keluar dari perut mama melalui lubang tempat pipis mama.

ih Ma, kan jorok! jadi penuh pipis dong!

Tidak nak, karena waktu adik bayi keluar, pipisnya tidak dikeluarkan.

Tapi kata temanku dia keluar dari perut mamanya yang dibelah!

Selain lewat tempat pipis mama, adik bayi juga bisa keuar lewat perut namanya dioperasi. Orang menyebut dicaesar!

3. Kenapa dada bunda besar?

Karena Mama ditugaskan Allah memberi makan adik bayi dengan ASI.

Kok papa nggak?

Allah swt memberikan tugas berbeda untuk ayah dan ibu. Ayah bertugas melindungi ibu, membantu ibu.

4. Kenapa adek punya itu (penis) tapi aku gak punya?

Jelaskan bahwa Allah swt menciptakan manusia dalam dua jenis yang berbeda, ada laki-laki dan ada perempuan. Untuk membedakannya, Allah swt memberikan ciri-ciri pada tubuhnya.

Bagi saya pribadi saya lebih suka penggunaan kata aurat untuk menjelaskan alat kelamin pada anak yang masih kecil. Saat ia sudah lebih besar ( 9-10 tahun) baru dikenalkan istilah penis dan vagina.

5. Kenapa penisku suka berdiri? 

Tanyakan kapan biasanya si kecil mendapati penisnya berdiri. Jika ia menjawab setiap pagi, maka kita bisa menjawabnya dengan memberikan analogi ketika anak bangun tidur di pagi hari. Seperti kita, penis juga “bangun tidur” setiap pagi. Ajari anak untuk tidak memegangi penisnya yang berdiri, karena akan kembali normal dengan sendirinya. Jelaskan dari sisi kesehatan dan kebersihan bahwa penis hanya perlu dipegang pada saat buang air kecil. Misalnya, kalau sering dipegang-pegang nanti penis bisa luka sehingga akan sakit ketika pipis.

Terus bagaimana kalau anak mengaku penisnya berdiri ketika ia melihat perempuan cantik? 😉 Nah, kalau seperti ini, jawablah dengan menjelaskan bahwa tubuh kita suka bereaksi terhadap apa yang kita lihat atau dengar. Misalnya, kita tertawa pada saat ada yang lucu. Penis juga bisa bereaksi terhadap hal-hal tertentu. Selain karena kedua hal itu, jelaskan pula kepadanya bahwa penis pun bisa berdiri ketika ia sedang ingin buang air kecil.

6. Kok bunda gak sholat?

Karena mama lagi haid Nak.

Haid itu apa Ma?

Haid itu mama keluarnya darah kotor dari tempat pipis mama. Jika kamu anak perempuan dan telah berusia baligh, maka kamu akan haidh. Itu tandanya kamu dipersiapkan untuk menyimpan adik bayi setelah kamu menikah nanti.

Allah swt sayang sama para mama karena saat haid itu kadang kita sedikit kesakitan dan kotor. Karena haid itu kotor, sedangkan orang sholat harus bersih. Tapi Mama masih bisa melakukan ibadah yang lain: berdoa, berbuat baik, berdzikir, dll

7. Mimpi basah itu apa sih Bun?

Itu adalah mimpi yang menjadi salah satu tanda seseorang sudah masuk usig baligh. Ketika usia baligh, kita sudah bertanggung jawab terhadap perbuatan-perbuatan kita. Kita memiliki catatan perbuatan sendiri yang dicatat oleh malaikat. Biasanya mimpi basah di alami oleh anak laki-laki. Jika tanda baligh perempuan ditandai dengan haidh, anak laki-laki dengan mimpi basah.

Kenapa disebut basah Ma? (Jika anak meneruskan pertanyaannya)

Karena setelah mimpi seperti ini, akan keluar cairan dari tempat pipis. Ini juga adalah tanda seorang anak laki-laki tubuhnya dipersiapkan untuk kelak menjadi ayah.

(Biasanya sampai seperti ini anak tidak akan meneruskan lagi dan orang tak usah panjang lebar ke mana-mana menjelaskan cairannya seperti apa bentuknya dan lain-lain.)

Tapi jika anak bertanya lagi, tidak apa: Cairannya kayak pipis Ma?

Ya seperti pipis keluarnya tapi bukan pipis. Jika perempuan keluar darah maka laki-laki keluar cairan ini sebagai tanda baligh, namanya sperma.

8. Apa maksudnya diperkosa?

Diperkosa itu seseorang tubuhnya disakiti nak!

Dipukul maksudnya ma? Atau diapain?

Tubuhnya dipaksa-paksa dipegang sama orang lain. Kamu tak akan nyaman kan jika tubuh kamu dipaksa untuk dipegang? Bagian-bagian tubuh kamu tak boleh dipegang

9. Kalo sodomi itu apa?

Sama seperti diperkosa, tubuhnya disakiti. Hanya saja disakitinya dengan memasukkan benda-benda asing ke dalam lubang tempat buang kotoran seseorang. Dan itu tindakan yang sangat menyakiti.

Pertanyaan tentang seks ini akan terus muncul seiring usia, dan peran orang tua adalah membimbing dan memberi jawaban agar anak memahami dengan benar. Hal ini akan terus berjalan bahkan sampai memasuki usi pra nikah bahkan setelah anak menikah. Orangtua juga harus mengajarkan bagaimana hubungan seks tapi tetap berkualitas. Artinya orang tua harus lebih paham dari anak, bukan sebaliknya. Wallaahu a’laam bisysyawab, in syaa’ allah bermanfaat.

Slough-United Kingdom, 20 Agustus 2019

#Level11BundaSayang
#Tantangan10Hari
#FitrahSeksualitas
#Day10

Referensi:

  1. Materi presentasi kelompok J kelas Bunda Sayang Regular Batch 4 Gabungan 3, Agustus 2019.
  2. Menjawab Pertanyaan Tentang Sex dari Anak: https://mommiesdaily.com/2016/01/05/menjawab-10-pertanyaan-tentang-seks-dari-anak/
  3. 7 Sikap menjawab Pertanyaan Anak Seputar Sex: https://www.google.co.uk/amp/s/amp.kompas.com/ekonomi/read/2010/07/23/08005089/7.sikap.menjawab.pertanyaan.anak.seputar.seks
  4. 13 Pertanyaan tentang Pendidikan Seksualitas untuk Anak Usia Dini: https://keluargakita.com/13-pertanyaan-tentang-pendidikan-seksualitas-untuk-anak-usia-dini/
  5. Cara Menjawab Pertanyaan Anak Seputar Sex: https://www.google.co.uk/amp/s/shonavitrilia.wordpress.com/2014/07/12/cara-menjawab-pertanyaan-anak-seputar-sex/amp/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s