Daily, Resep

Recipe: Sourdough Cheese Bun

Bismillaahirrohmaanirrohiim, I got the recipe for the bun from my sourdough teacher, Shaumiati Evma. The original recipe uses full white flour. As I try to reduce consuming too much white flour, I mixed the recipe 50:50 between white flour and whole wheat flour. I also used honey instead of granulated sugar. Just try to be… Continue reading Recipe: Sourdough Cheese Bun

Daily, Resep

Recipe: Sourdough Coffee Bun

Bismillaahirrohmaanirrohiim, I got the recipe of the bun from my sourdough teacher, Shaumiati Evma. The recipe of coffee cream was from youtube channel itsourdough with small modification: https://youtu.be/mAXONeiySgw The original recipe for the bun uses full white flour. As I try to reduce consuming too much white flour, I mixed the recipe 50:50 between white… Continue reading Recipe: Sourdough Coffee Bun

Daily, Live

Sourdough: Managemen Waktu Membuat Roti Sourdough

Bismillaahirrohmaanirrohiim, “Males ah bikin sourdough, lama banget. Belom lagi harus feeding starter…” Itulah uniknya membuat roti dengan teknik sourdough. Selain harus sabar, kita dilatih untuk disiplin dan mengatur waktu dengan baik. Kalo melihat rentang waktu sejak mempersiapkan starter hingga roti masuk panggangan, bisa jadi kita langsung berkomentar, “Lama beneeer…” Namun bila dilihat prosesnya satu persatu… Continue reading Sourdough: Managemen Waktu Membuat Roti Sourdough

Daily, Live

Sourdough: Enaknya Bikin Roti Sourdough

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Apa sih roti sourdough? Penjelasan umumnya bisa dibaca disini. Kok suka bikin roti sourdough? Bukannya rotinya ada rasa-rasa asemnya dan lama membuatnya? Pertanyaan yang sering saya dapat dari teman-teman waktu mengetahui saya sekarang mengambil jalur sourdough dalam membuat roti. Nah ini beberapa alasan mengapa saya akhirnya memutuskan mengambil jalur sourdough: Lebih tenang dalam mengkonsumsi… Continue reading Sourdough: Enaknya Bikin Roti Sourdough

Daily, Resep

Recipe: Red Velvet Cupcakes

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Ingredients: For the cupcakes: 1 ⅔ cup all purpose flour2 tsp cocoa powder1 cup granulated sugar¼ tsp baking soda¼ tsp baking powder¼ tsp salt¾ cup unsalted butter at room temperature3 eggs at room temperature¾ cup buttermilkRed food colouring For the cream cheese frosting 120 unsalted butter at room temperature1 ½ icing sugar, sifted200 gr… Continue reading Recipe: Red Velvet Cupcakes

Daily

Apa Itu Sourdough?

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Sourdough, levain, wild yeast, homemade bread yeast adalah istilah yang digunakan untuk ragi alami, baik yang berasal dari yeast water (buah & sayur) atau tepung, yang berkoloni dengan bakteri Lacto B. Ide dasarnya sederhana, tepung secara alami mengandung campuran ragi alami dan bakteria. Pada saat dicampur dengan air, pati di dalam tepung dikonversi menjadi… Continue reading Apa Itu Sourdough?

CintaBumi

Lubang Biopori

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Dalam hal pemilahan sampah rumah tangga, secara umum pemerintah Inggris sudah menerapkan pemilahan sampah. Sampah dibagi menjadi sampah yang dapat didaur ulang (recyclable), sampah dapur dan sampah umum. Sampah umum adalah sampah yang akan berakhir di tempat pembuangan sampah akhir. Pada prakteknya pengelolaan sampah dilakukan oleh pemerintah kota, dan pemilahan ini tergantung pada sumber… Continue reading Lubang Biopori

Daily, Resep

Recipe: Discard Sourdough Pancake

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Dry Ingredients: 190 gr all purpose/plain flour 2 tbsp sugar2 tsp baking powder1 tsp baking sodaPinch of salt Wet Ingredients: 1 cup of discard sourdough1 cup ml milk2 large eggs3 tbsp cooking oil (or melted butter) Steps: Mix all dry ingredients, put aside. In another bowl, mix sourdough discard with one egg at a time. Stir… Continue reading Recipe: Discard Sourdough Pancake

Daily, Live

Little Z Hasil Swabnya Positif…

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Hari itu wa group kami masih ramai dengan obrolan tentang piknik hari Minggu sebelumnya. Gak cuma seneng, tapi perut kenyang, itu penting! 😂 Tiba-tiba sebuah wa membuat kami semua terhenyak: “Assalaamualaikum wr wb. Ibu2, maaf banget, saya ga nyangka sama sekali nih. Singkatnya, little Z baru dites swab Covid 19 untuk penelitian dan hasilnya… Continue reading Little Z Hasil Swabnya Positif…

Daily, Live

Piknik Pertama Setelah Pelonggaran Lockdown

Piknik Pertama Setelah Pelonggaran Lockdown Bismillaahirrohmaanirrohiim, Setelah pemerintah Inggris memutuskan untuk mengurangi level lockdown pada tanggal 1 Juni 2020, tidak perlu menunggu lama, warga pun langsung memenuhi taman-taman kota dan pantai. Kebetulan bersamaan dengan diturunkannya level kewaspadaan ini, cuaca pekan itu sangat cerah dan hangat dan berujung pada heat wave (gelombang panas). Suhu rata-rata di… Continue reading Piknik Pertama Setelah Pelonggaran Lockdown