Daily, Resep

Recipe: Martabak Telur

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Salah satu cemilan favorit keluarga. Kulit bisa dibuat sendiri atau bila tidak sempat bisa menggunakan kulit untuk spring roll yang siap pakai. Bahan Kulit: 150 gr tepung terigu75 gr air4 sdm minyak gorengGaram secukupnya Bahan isi: 2-3 ikat daun bawang (sesuai selera), iris kasar6 telur250 gr daging cincang1 buah bawang bombay sedang, iris halus1.5… Continue reading Recipe: Martabak Telur

Daily, Resep

Recipe: Pad Gaprao (Pad Kra Pao)

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Pad Gaprao is a popular Thai dish that might be considered as sandwich or burger popularity in Western food. A spicy stir-fry featuring the Thai basil aroma, served with a sunny side egg and warm rice is simply irresistible! Ingredients: 500gr chicken breast5 cloves garlic, diced3 shallots, diced1 tsp chilli flakes100 gr long beans,… Continue reading Recipe: Pad Gaprao (Pad Kra Pao)

Daily

Sourdough: Membuat Starter Tepung Rye

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Langkah pertama untuk membuat roti sourdough adalah dengan membuat starter. Starter adalah adonan roti yang terfermentasi yang ragi alami dan bakteri baik lactobacillus. Starter inilah yang akan membuat roti sourdough kita berkembang. Jadi kalo biasanya kita menggunakan ragi instan dalam membuat roti, roti sourdough tidak menggunakan ragi instan, tapi menggunakan starter ini. Starter bisa… Continue reading Sourdough: Membuat Starter Tepung Rye

Daily, Resep

Recipe: Crepes

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Ingredients: 1 cup all purpose/plain flour 1 tbsp sugar2 cups fresh milk3 medium eggs2 tbsp cooking oilPinch of salt Steps: Combine flour and sugar. Pour 1 cup of milk, stir vigorously. Once mixed, add another cup of milk, keep stirring.Add an egg once at a time.Once mixed add vegetable oil and mix well.Preheat the pan with low… Continue reading Recipe: Crepes

Daily, Resep

Recipe: Piscok – Pisang Coklat

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Bahan: 5 buah pisang ambon/uli matang20 lembar kulit lumpiaMeses coklat secukupnyaSusu kental manis secukupnyaMinyak goreng secukupnya Langkah: Potong pisang melintang kemudian horizontal hingga menjadi empat bagian.Ambil satu bagian, iris memanjang menjadi dua bagian.Ambil selembar kulit lumpia. Letakkan memanjang kedua bagian pisang di atas kulit. Taburkan 1 sdt meses dan sedikit susu kental manis.Gulung kulit… Continue reading Recipe: Piscok – Pisang Coklat

Daily, Resep

Recipe: Sate Ayam

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Bahan: 1 kg paha ayam fillet9-10 sdm kecap manis1-2 sdm minyak ayam atau minyak sayurTusuk sate Langkah: Potong paha ayam berbentuk dadu sesuai ukuran yang diinginkan.Campurkan kecap dan minyak ayam, aduk rata.Diamkan di dalam kulkas minimal 6 jam atau bermalam. Tusukkan potongan ayam 3, 5 atau 7 potonh per tusuk sate sesuai selera.Bakar diatas… Continue reading Recipe: Sate Ayam

Daily, Resep

Recipe: Sourdough Cheese Bun

Bismillaahirrohmaanirrohiim, I got the recipe for the bun from my sourdough teacher, Shaumiati Evma. The original recipe uses full white flour. As I try to reduce consuming too much white flour, I mixed the recipe 50:50 between white flour and whole wheat flour. I also used honey instead of granulated sugar. Just try to be… Continue reading Recipe: Sourdough Cheese Bun

Daily, Resep

Recipe: Sourdough Coffee Bun

Bismillaahirrohmaanirrohiim, I got the recipe of the bun from my sourdough teacher, Shaumiati Evma. The recipe of coffee cream was from youtube channel itsourdough with small modification: https://youtu.be/mAXONeiySgw The original recipe for the bun uses full white flour. As I try to reduce consuming too much white flour, I mixed the recipe 50:50 between white… Continue reading Recipe: Sourdough Coffee Bun

Daily, Live

Sourdough: Managemen Waktu Membuat Roti Sourdough

Bismillaahirrohmaanirrohiim, “Males ah bikin sourdough, lama banget. Belom lagi harus feeding starter…” Itulah uniknya membuat roti dengan teknik sourdough. Selain harus sabar, kita dilatih untuk disiplin dan mengatur waktu dengan baik. Kalo melihat rentang waktu sejak mempersiapkan starter hingga roti masuk panggangan, bisa jadi kita langsung berkomentar, “Lama beneeer…” Namun bila dilihat prosesnya satu persatu… Continue reading Sourdough: Managemen Waktu Membuat Roti Sourdough

Daily, Live

Sourdough: Enaknya Bikin Roti Sourdough

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Apa sih roti sourdough? Penjelasan umumnya bisa dibaca disini. Kok suka bikin roti sourdough? Bukannya rotinya ada rasa-rasa asemnya dan lama membuatnya? Pertanyaan yang sering saya dapat dari teman-teman waktu mengetahui saya sekarang mengambil jalur sourdough dalam membuat roti. Nah ini beberapa alasan mengapa saya akhirnya memutuskan mengambil jalur sourdough: Lebih tenang dalam mengkonsumsi… Continue reading Sourdough: Enaknya Bikin Roti Sourdough